Pelatihan Pencampuran Aseptik Total Parental Nutrisi di RSUD Banyuasin

Seterio – Bertempat di Aula RSUD Banyuasin, dilaksanakan Pelatihan Pencampuran Aseptik Total Parental Nutrisi selama 2 (dua) hari dari tanggal 26 Oktober sampai dengan 27 Oktober 2018, kerjasama antara Seksi Bidang Diklat dan Litbang RSUD Banyuasin dengan RSMH Palembang. Acara ini dibuka langsung oleh Kabid Pelayanan RSUD Banyuasin dr. Rio Prasetio Badriansyah, MARS dan pelatihan ini mengundang 2 (dua) orang narasumber yaitu Ibu Dra. Citra Willia, M.Kes, Apt dan Ibu Liliek Mindharty, S.Farm, Apt.

Peserta Kegiatan ini terdiri dari apoteker dan asisten apoteker dari instalasi farmasi RSUD Banyuasin dan juga seluruh perawat baik di Instalasi Rawat Jalan dan Rawat Inap yang terkait dengan penggunaan obat. Kegiatan Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman petugas dilapangan dalam mengurangi resiko paparan yang dapat terjadi baik kepada petugas maupun pasien sebelum dan selama proses peracikan obat  dengan menurunkan / meniadakan jumlah mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh.

Materi pelatihan pada hari pertama yang diberikan oleh narasumber antara lain Aseptic Dispensing, Teknik Aseptis Penyiapan Sediaan Injeksi dan Elektrolit Pekat, Rekonstitusi Sediaan Steril dan Perhitungan Pengenceran Elektrolit Pekat. Setelah materi diberikan, pada akhir sesi hari pertama dilakukan juga praktek simulasi Teknik Aseptik yang telah diajarkan tadi. Dan pada hari kedua, narasumber bersama peserta pelatihan melakukan telusur lapangan dengan langsung melihat implementasi penyiapan injeksi di ruangan perawatan.

Dan pada akhir sesi hari kedua pelatihan, dilakukan kembali tes untuk peserta (post test) dengan maksud untuk melihat sejauh mana kemampuan para peserta memahami materi yang diberikan oleh narasumber selama 2 hari dan acara kegiatan pelatihan ditutup secara resmi oleh Kasi Diklat dan Litbang RSUD Banyuasin Ibu Hj. Eni Diana, SKM.

dokumentasi kegiatan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*